Peluang Usaha Ternak Ayam Mutiara yang Menggiurkan

Peluang Usaha Ternak Ayam Mutiara - Ayam rupanya tidak hanya diambil daging, telur dan bulunya saja tapi juga dinikmati keindahannya. Jika Anda sangat suka dengan dunia ternak, maka bisnis ini merupakan bisnis yang cocok untuk Anda. Salah satu ayam yang diternakkan karena keindahannya adalah ayam mutiara atau sering disebut Guiena Fowl.

Sebelum itu, simak terlebih dahulu mengenai peluang usaha ternak ayam mutiara berikut ini. Di sisi bisnis, ayam mutiara dihargai lebih tinggi jika dibandingkan dengan ayam yang dikonsumsi. Memang harga ayam jenis ini bervariasi tergantung daerah masing-masing namun secara umum harganya berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 300.000 per pasang.



Walaupun harganya tinggi namun proses perawatan dan pengembangbiakkan ayam mutiara hampir sama dengan ayam kampung. Sebagai langkah awal menjalankan peluang bisnis ayam mutiara ini, Anda harus memperhatikan kadangnya terlebih dahulu. Perlu Anda ketahui kalau habitat asli ayam ini adalah di savanna atau semak-semak.

Tips Sukses Usaha Ternak Ayam Mutiara


Akan lebih baik untuk membuat kandang yang mirip dengan habitat aslinya. Bentuk kandang dibuat mirip dengan kandang ayam kampung hanya diberi pasir dan rumput. Biarkan ayam tersebut bebas di siang hari agar terkena matahari. Hal tersebut sangat baik untuk menjaga agar bulu-bulu ayam tidak lembab dan tetap cantik.

Jangan lupa juga untuk memberikan beberapa tempat untuk bertengger karena ayam mutiara sangat suka tidur di tempat yang tinggi khususnya pada malam hari. Jika Anda ingin mengamati sendiri perkembangan ayam mutiara sejak dini, maka ada baiknya membeli telur dan menetaskannya sendiri.
Biasanya telur tersebut akan menetas dalam waktu 28 hari. Anda bisa menetaskannya melalui mesin penetas, indukan ayam kampung atau indukan ayam mutiara. Perawatan ayam mutiara juga sangat mudah. Pada dasarnya, tidak ada pakan khusus yang harus Anda berikan karena ayam mutiara adalah ayam pemakan segala atau omnivora.

Baca juga: Peluang Bisnis Rental Game

Anda bisa mulai memberi makan sisa nasi, bekatul, sisa sayuran, dan lain-lain yang ada di rumah Anda. Jika sudah mulai dewasa, Anda bisa mulai menawarkan ayam mutiara ini kepada mereka yang gemar mengoleksi ayam atau hewan hias. Untuk memudahkan pembeli, Anda bisa menjual ayam mutiara di pasar burung dekat lokasi tempat tinggal Anda.

Sebagai tambahan, peluang bisnis ayam mutiara sangat menjanjikan. Harga jual di pasaran bisa mencapai Rp 250.000. Penjualan bahkan bisa meningkat saat liburan. Omzet penjualan juga bisa mencapai Rp 4.000.000.

Target pasar ayam hias ini adalah wisatawan lokal baik yang berasal dari daerah sekitar atau luar daerah. Jadi, mengapa tidak Anda mulai saja bisnis ayam mutiara? Setidaknya, Anda bisa menyalurkan hobi Anda sekaligus menghasilkan keuntungan untuk tambahan pemasukkan. Semoga informasi di atas mengenai peluang bisnis ini berguna bagi Anda yang memang ingin serius menjalankan peluang usaha ternak ayam mutiara ini.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+